7 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service Biar Makin Andal!

3 Mins Read

Customer service jadi bagian penting tak terpisahkan dari sebuah bisnis online shop. Online shop adalah sebuah bisnis jual-beli yang dilakukan lewat internet tanpa perlu tatap muka langsung antara penjual dan pembeli. Pihak penjual hanya perlu memasarkan produknya lewat media sosial, website, maupun e-commerce. Sementara itu, pembeli hanya perlu mencari produk yang dicari, kemudian membelinya.

Nah, tugas customer service di sini adalah menjembatani penjual dan pembeli, terlebih ketika ada hal yang ingin ditanyakan maupun dikeluhkan. Memegang tanggung jawab besar, berikut skill yang harus dimiliki customer service!

7 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service Biar Makin Andal!

1. Berkomunikasi yang Baik 

Salah satu skill yang harus dimiliki customer service adalah komunikasi. Seorang customer service sehari-harinya akan dihadapkan oleh banyak pertanyaan hingga keluhan dari pelanggan. Tak jarang, ia jadi tempat pelanggan meluapkan amarahnya.

Pada saat seperti ini, customer service harus bisa mengontrol emosi dan tetap mengutamakan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Dengarkan keluhan atau pertanyaan dari pelanggan, temukan poin masalahnya, dan jelaskan bagaimana solusinya. 

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar

2. Memahami Produk dengan Baik

Customer service ibarat garda terdepan bisnis online yang akan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Sementara itu, pelanggan selalu punya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh bisnis kamu agar penjualan produk lancar. Setiap harinya, customer service akan berhadapan langsung dengan pelanggan dan segala kebutuhannya ini.

Oleh karena itu, skill yang harus dimiliki oleh customer service adalah pemahaman produk dengan baik. Kamu harus bisa menjelaskan detail produk kepada pelanggan dengan cara yang mudah dipahami agar pelanggan mendapatkan kebutuhannya.

3. Tenang dan Sabar

Salah satu tugas customer service online shop adalah menerima keluhan pelanggan. Makanya, kemampuan yang wajib dimiliki seorang customer service adalah ketenangan dan kesabaran. Kamu dituntut untuk bisa tenang dan sabar saat menghadapi pelanggan dengan segala pertanyaan dan keluhannya. Kamu butuh kesabaran untuk bisa menjawab pertanyaan pelanggan yang seolah tiada habisnya. Hindari terpancing emosi karena itu akan mencoreng citra bisnis online di mata pelanggan setia.

Baca Juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!

4. Manajemen Waktu

Kesuksesan customer service salah satunya diukur dari seberapa cepat ia bisa menyelesaikan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan tambahan seorang customer service, yakni manajemen waktu.

Customer service harus bisa dengan cepat memahami situasi yang dihadapi oleh pelanggan. Kemudian, tawarkan solusi atau bantuan yang bisa diberikan. Kalaupun kamu nggak bisa menyelesaikan kendala, maka arahkan pelanggan ke pihak yang bisa membantu. 

5. Problem Solving

Berhubungan dengan manajemen waktu, skill yang harus dimiliki customer service adalah memecahkan masalah atau problem solving. Demi efisiensi waktu, customer service harus bertindak cepat menemukan titik masalah pelanggan.

Misalnya, kalau masalah yang dihadapi adalah keluhan terkait produk, tawarkan solusi yang bisa diberikan oleh toko online kamu. Tapi kalau misalnya ada kendala dengan pengiriman, maka kamu bisa arahkan juga pelanggan ke pihak ketiga. Begitu pun dengan masalah lain, segera temukan apa inti kebutuhan pelanggan dan tawarkan penyelesaiannya.

6. Customer-oriented 

Skill yang harus dimiliki oleh customer service berikutnya adalah customer-oriented. Customer-oriented adalah pendekatan yang berorientasi pada pelanggan. Lewat pendekatan ini, pelanggan ditempatkan sebagai fokus utama sehingga seluruh layanan perusahaan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Memang, sih, biasanya tujuan bisnis adalah menjual produk sebanyak mungkin. Namun, hal itu akan lebih mudah dicapai jika pelanggan puas. Karakter customer-oriented ini adalah mendahulukan kebutuhan pelanggan, empati yang tinggi, menawarkan tindak lanjut yang baik, dan menunjukkan sikap untuk mempermudah pelanggan.

Baca Juga: Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!

7. Bertanggung Jawab

Apa pun pekerjaannya, kemampuan untuk bertanggung jawab pastinya akan dibutuhkan. Begitu pun dengan pekerjaan sebagai customer service, tanggung jawab adalah kemampuan yang harus dimiliki dan diterapkan sepanjang menjalankan pekerjaan tersebut.

Kamu harus bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, termasuk membangun komunikasi baik dan menawarkan solusi. Dengan rasa tanggung jawab di dalam diri, maka kamu akan bisa menyelesaikan tugas sebagai seorang customer service.


Customer service berperan penting dalam bisnis online shop karena ia adalah orang yang akan berhadapan langsung dengan pelanggan. Skill yang harus dimiliki customer service pastinya adalah komunikasi yang baik, di samping itu juga kesabaran dan ketenangan. Customer service juga dituntut untuk memahami produk dan layanan bisnis agar bisa menjelaskan kepada pelanggan. 

Kalau kamu adalah seorang customer service online shop yang setiap harinya membalas pesan pelanggan, gunakan keyboard Selly di smartphone. Keyboard Selly bisa menyimpan berbagai template balasan pesan yang digunakan di berbagai aplikasi berkirim pesan, misalnya saja WhatsApp dan Line. Membalas pesan pelanggan jadi lebih cepat dengan keyboard Selly!

download keyboard

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!