Hit and Run Artinya Pembeli Kabur, Kenapa Ya?

3 Mins Read

Secara sederhana, hit and run artinya pelanggan yang melakukan pembelian atau pemesanan, tetapi justru menghilang sebelum menyelesaikan transaksi. Bahkan pelaku hit and run ada yang sengaja memblokir kontak penjual demi menghindari tanggung jawab. 

Punya pelanggan seperti ini pastinya bikin kamu kesal, kan? Nggak hanya kecewa karena sudah menyiapkan pesanan, tetapi juga kamu pasti merasa sudah membuang waktu dan tenaga dengan sia-sia.

Perilaku hit and run bisa dilakukan oleh pelanggan atas berbagai motif. Hal ini membuat penjual sulit mengantisipasi. Kondisi inilah yang akhirnya membuat banyak penjual online shop mengatur kebijakan pemblokiran terhadap pelanggan yang menghilang tanpa konfirmasi. 

Nah, biar hal ini nggak terulang lagi, kamu bisa mempelajari beberapa motif yang menyebabkan pelanggan sampai melarikan diri sebelum melakukan pembayaran pesanan. Selengkapnya ada di sini, ya. Keep scrolling!


Pengertian Hit and Run

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, hit and run artinya kenakalan pelanggan yang kabur tanpa kabar sebelum menyelesaikan transaksi secara keseluruhan. Adanya pelanggan yang melakukan hit and run artinya perlu ada perbaikan dari sistem penjualan yang dilakukan. Langkah ini penting dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hit and run secara berulang, sehingga menimbulkan dampak kerugian pada bisnis.

Memahami pengertian hit and run artinya kamu berkesempatan untuk memaksimalkan proses penjualan lebih baik. Menghindari pelanggan hit and run memang nggak gampang, tapi kamu bisa menyiasati dengan cara pendekatan yang lebih baik. 

Misalnya, memberikan penjelasan deskripsi produk serta keunggulan produk tersebut secara lebih detail. Kamu juga bisa memberikan tenggat waktu pembayaran pesanan, sehingga dapat memastikan kapan pelanggan harus menyelesaikan transaksi pembelian.

Baca juga: Terapkan 7 Cara Jualan Online Ini Agar Makin Cuan


5 Kemungkinan Penyebab Customer Hit and Run

hit and run artinya

Setelah tahu hit and run artinya apa, kamu mungkin perlu tahu hal-hal yang bisa menyebabkan customer melakukan hit and run. Tujuannya agar kamu punya bahan pertimbangan saat menetapkan peraturan jual-beli dalam bisnis. Nggak melulu karena iseng, kemungkinan lain penyebab customer hit and run adalah sebagai berikut.

1. Terlalu memaksa

Bersemangat saat menawarkan produk sah-sah aja, kok! Asalkan kamu nggak melakukannya secara berlebihan atau terlalu ambisius. Pasalnya, kalau kamu berjualan terlalu menggebu-gebu, justru memicu kesan pemaksaan bagi pelanggan. Alih-alih menyelesaikan pembelian, mereka malah memilih kabur karena nggak nyaman lagi berinteraksi denganmu.

Sebaliknya, sampaikan informasi produk atau promosi dengan lebih menarik tanpa adanya kalimat atau aksi yang memaksa. Banyak pelanggan justru lebih tertarik ketika penjualan dilakukan dari hati ke hati, disesuaikan dengan kebutuhan mereka, serta menggunakan beberapa kalimat kunci yang mengena bagi mereka.

2. Kesalahan pembeli

Ada pelanggan yang terlalu sibuk bekerja atau kepentingan pribadinya sehingga lupa menyelesaikan pembayaran meski sudah diberi totalan transaksi. Nah, kesalahan pembeli yang demikian perlu diantisipasi dengan cara mengirimkan pesan konfirmasi ulang untuk memastikan transaksi pembelian yang dilakukan. Sampaikan pula batas waktu pembayaran yang harus dilakukan. Jadi, risiko customer hit and run bisa diminimalisir.

Baca juga: Mengapa Loyalitas Pelanggan Adalah Hal Penting Saat Jualan Online?

3. Pelayanan buruk

Saat terjadi customer hit and run artinya ada yang perlu diperbaiki dari pelayanan bisnismu. Bisa jadi mereka memilih kabur karena terlalu lama menunggu balasan chat. Ada juga pelanggan yang butuh dilayani dengan segera karena kebutuhannya bersifat urgent. Oleh karena itu, kamu perlu mengantisipasi kondisi ini dengan selalu responsif terhadap pembeli.

Beruntung sekarang ada keyboard Selly yang punya fitur Auto Text untuk membalas chat lebih cepat dan akurat. Cukup klik dan tanpa ketik, kamu sudah bisa menjawab pertanyaan pelanggan. Menariknya lagi, kamu bisa mengirim pengingat melalui chat supaya pesanan nggak hilang dari catatan.

4. Salah paham

Hit and run yang dilakukan pembeli bisa dipicu oleh faktor kesalahpahaman. Misalnya, promosi bisnis jadi overclaim dan bikin pelanggan kecewa. Biasanya ini dilakukan diluar kesadaran penjual, karena pesan yang dikirim merupakan hasil copy paste. Coba cek lagi kata-kata jualan online di WA Jangan ragu untuk merevisi kalimat tersebut jika dirasa benar overclaim.

5. Ada seller lain yang lebih baik

Beberapa pembeli mungkin belum menemukan seller lain saat melakukan pemesanan produk yang kamu tawarkan. Nggak heran kalau setelah menemukan seller lain yang lebih baik, mereka bisa saja menghilang tanpa konfirmasi. 

Namun, ada juga pembeli yang secara nggak langsung melakukan kesalahan pembelian. Misalnya, mereka baru sadar sudah membeli produk yang sama tetapi lebih murah dari toko lain, tetapi karena lupa, jadi melakukan pembelian lagi di tokomu. 

Baca juga: Cek Ongkir Semua Ekspedisi Jadi Mudah dan Cepat Pakai Selly!


Untuk mencegah terulangnya kasus customer hit and run, kamu bisa melakukan inovasi dalam proses penjualan. Salah satunya dengan memanfaatkan Selly, keyboard-nya penjual online. Coba dan buktikan jualan lebih gampang dan cuan makin besar pakai Selly sekarang juga. Yuk, download aplikasi Selly di Google Play Store sekarang juga!

download keyboard hp

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!