Fast Respon adalah Trik Bagus Saat Berjualan Online, Mengapa?

3 Mins Read

Fast respon adalah tanggapan cepat yang kamu berikan saat berkomunikasi dengan pelanggan. Misalnya ada pelanggan yang menanyakan stok barang, kamu dengan sigap langsung membalas pesan tersebut dengan memberitahukan ketersediaan produk.

Nah, fast respon adalah lawan dari slow respon alias tanggapan lambat yang kamu lakukan pada pelanggan. Pastinya dalam berjualan online, fast respon akan lebih bagus daripada slow respon. Memberikan tanggapan cepat pada pelanggan dapat mendatangkan keuntungan sebagai berikut ini untuk bisnis kamu!

Pentingnya Fast Respon dalam Melayani Pelanggan

1. Pelanggan Jadi Makin Percaya

Fast respon adalah salah satu kunci membangun kepercayaan dengan pelanggan. Saat kamu memberikan tanggapan cepat pada pelanggan, maka artinya kamu sedang membangun kepercayaan mereka pada tokomu. 

Respons cepat yang kamu berikan kepada pelanggan juga akan meyakinkan mereka bahwa toko online-mu bukan abal-abal. Tanggapan sigap ini juga menunjukkan seberapa niat kamu dalam berjualan online. Saat kamu sudah membangun rasa percaya pelanggan pada bisnis online-mu, maka mereka nggak akan ragu melakukan pembelian. 

Hal ini berlaku untuk pelanggan baru maupun lama. Bagi pelanggan baru, saat mereka mendapat respons cepat dari penjual, mereka akan lebih yakin membeli produk darimu. Sementara bagi pelanggan lama, mereka akan setia dan melakukan pembelian berulang dari tokomu.

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar

2. Menciptakan Rasa Menghargai

Kamu pasti tahu gimana nggak enaknya pesan yang tak kunjung dibalas oleh orang lain. Hal ini berlaku juga untuk para pelanggan, di mana mereka akan merasa kesal jika chat-nya ke toko online nggak segera mendapat respons.

Niatnya, mereka ingin melakukan pembelian dengan menanyakan informasi produk. Namun, baru bertanya soal produk, pesan mereka sudah lama dibalas. Bagaimana nanti saat sudah proses pemesanan dan pengiriman? Pelanggan pasti jadi ragu, kan?

Di sisi lain, pelanggan akan merasa nggak dihargai karena pesannya ke toko online kamu tak kunjung dijawab. Mereka akan bertanya, “Niat jualan nggak, sih?” ketika kamu nggak segera merespons pesannya. Saat pelanggan sudah merasa nggak dihargai karena pesannya nggak mendapat balasan, mereka akan kabur dan memilih toko online lain. 

3. Nilai Tambah bagi Bisnis

Karena pelanggan nggak suka menunggu, maka memberikan respons cepat akan memberikan nilai plus bagi bisnis online-mu. Saat bisnismu sudah punya nilai lebih di mata pelanggan, maka rating toko online akan semakin meningkat.

Rating ini jadi tolok ukur penting saat kamu berjualan online di marketplace atau e-commerce, lho. Kalau rating tokomu mencapai bintang empat atau bahkan lima, maka pelanggan berpikir bahwa tokomu sudah tepercaya dan kredibel. Pasalnya, pelanggan akan mempertimbangkan untuk membeli di toko online yang sudah mendapat rating tinggi dibanding yang rendah.

Baca Juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!

4. Alat Promosi

Saat kamu merespons pelanggan dengan cepat, pada waktu yang sama kamu sedang meningkatkan peluang untuk mempromosikan bisnis. Maksudnya, pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan toko akan memberikan review baik pada tokomu.

Review dari mereka bisa kamu pakai lagi untuk mempromosikan bisnis. Tak menutup kemungkinan pula jika pelanggan yang puas dengan pelayanan tokomu akan merekomendasikan lagi ke teman maupun keluarganya. Respons yang baik bisa jadi alat jualan kamu untuk mempromosikan bisnis di kemudian hari.

5. Penjualan Jadi Meningkat

Pelanggan yang merasa dilayani dengan baik nggak akan ragu untuk melakukan pembelian berikutnya di tokomu. Hal ini dikenal pula sebagai repeat order atau pembelian berulang. Kalau pelanggan puas dengan pelayanan tokomu, maka ia akan kembali lagi untuk pembelian berikutnya.

Hal tersebut berlaku pula untuk calon pelanggan yang baru pertama kali akan membeli produk di tokomu. Saat calon pelanggan dilayani dengan baik, maka mereka akan lebih yakin untuk melakukan pembelian. Fast respon adalah kunci untuk menghasilkan penjualan.

Baca Juga: Repeat Order adalah Pembelian Berulang, Ini 7 Tips buat Ningkatinnya!


Kini, kamu sudah lebih mengerti pentingnya fast respon dalam berjualan online. Fast respon adalah cara untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, meningkatkan rating toko, hingga menambah penjualan. Agar kamu makin cepat membalas pesan dan pesanan dari pelanggan, gunakan keyboard Selly di smartphone.

Selly adalah aplikasi keyboard dan dashboard di smartphone yang akan memudahkanmu membalas pesan pelanggan lebih cepat lewat fitur Auto Text. Dengan fitur Auto Text, kamu bisa menyimpan ribuan template. Saat harus membalas pesan pelanggan, kamu bisa pilih template balasan yang sudah disimpan tanpa perlu mengetik ulang secara manual. Download keyboard Selly sekarang juga!

download keyboard

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!