Contoh Invoice Tagihan dan Cara Membuatnya, Gampang!

3 Mins Read

Invoice mungkin jadi istilah yang masih kurang familier untukmu. Namun, kalau kamu berkecimpung di dunia jual beli maupun pengadaan barang dan jasa, kemungkinan besar sudah tahu apa itu invoice. Dalam bisnis, fungsi invoice adalah untuk menagih pembayaran pada pelanggan setelah pesanan mereka terselesaikan.

Invoice kamu kirimkan ke pelanggan agar mereka segera membayar total tagihannya. Biasanya, invoice ini dipakai dalam usaha online shop. Lalu bagaimana cara membuat dan seperti apa contoh invoice tagihan?


Pengertian Invoice Tagihan

Invoice tagihan adalah draft yang dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pembeli setelah mereka menyelesaikan pesanannya. Contoh invoice tagihan paling sederhana adalah ketika kamu mengirimkan totalan harga barang dan ongkos kirim saat menjual produk secara online. Sebelum pelanggan membayar, biasanya pemilik olshop akan langsung mengirimkan total harga yang harus dibayar. 

Fungsi utama invoice adalah untuk menagih pembayaran ke pelanggan yang sudah melakukan pemesanan produk maupun jasa. Selain itu, adanya invoice juga memudahkanmu saat harus membuat rekap penjualan dalam sepekan maupun sebulan. Alhasil, invoice tagihan biasa dibuat tiga rangkap. Lembar pertama untuk pembeli atau penerima jasa, lembar kedua untuk arsip penjualan, dan lembar ketiga untuk laporan keuangan. Jika membuat invoice secara online, kamu bisa mencetaknya rangkap tiga. 

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Contoh Invoice dalam Bisnis


Cara Membuat Invoice Tagihan

Kalau contoh invoice tagihan paling sederhana adalah seperti yang sering dikirimkan oleh pemilik online shop kepada pelanggan setelah menyelesaikan pesanannya, bagaimana cara membuatnya? Cara membuat invoice tagihan bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan template yang sudah ada di Microsoft Excel. Di Microsoft Excel sudah tersedia template invoice yang bisa kamu sesuaikan dengan tiap transaksi. 

Dalam template di Microsoft Excel, sudah ada bagian-bagian krusial dari invoice yang perlu kamu isi. Bagian itu termasuk nama dokumen, nomor sebagai kode unik, kode referensi, dan hal penting seperti nama dan kontak pembeli. Lalu sudah ada pula identitas dari instansi maupun perorangan, tanggal dikirimnya produk atau saat layanan diberikan, tanggal pengiriman invoice, deskripsi produk, harga satuan, dan harga total. 


Membuat Invoice Tagihan Praktis Pakai Selly

Apakah contoh invoice tagihan yang sudah ada template-nya hanya ada di Microsoft Excel? Tentu tidak. Sekarang kamu bisa membuat invoice tagihan praktis pakai aplikasi Selly. Selly merupakan aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan pemilik bisnis online mengirim invoice pada pelanggannya. Tanpa perlu berganti aplikasi, misalnya membuka tutup dokumen di Microsoft Excel, kamu bisa membuat invoice hanya dari ruang chat pelanggan pakai keyboard Selly. 

Keyboard Selly yang sudah terpasang di smartphone kamu akan muncul seperti keyboard pada umumnya. Namun, keyboard Selly punya fitur yang memudahkan pemilik usaha membuat invoice, yakni dengan “Buat Tagihan”. Dengan mengklik “Buat Tagihan”, kamu bisa membuat tagihan kepada pelanggan tanpa perlu hitung secara manual. Cara membuat invoice tagihan pakai Selly pun tinggal kamu ikuti langkah-langkahnya.

Baca Juga: Hati-hati, Format Order Olshop dan Purchase Order Ternyata Beda, Lho!


Contoh Invoice Tagihan

Sebagai pemilik usaha, kamu perlu tahu bagaimana contoh invoice tagihan yang baik. Berikut contoh invoice tagihan yang bisa kamu buat untuk dikirimkan ke pelanggan menggunakan aplikasi Selly.

Photo Credit: selly.id

Bagaimana cara membuat contoh invoice tagihan seperti pada gambar di atas? Berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Klik “Buat Tagihan” di keyboard Selly;
  2. Isi bagian informasi pelanggan (nama, produk yang dibeli, dan metode pembayaran) dan informasi opsional (ongkos kirim dan jenis ekspedisi) lalu klik “Kirim Tagihan”;
  3. Tagihan sudah berhasil dibuat dan dikirimkan ke pelanggan.

Baca Juga: Cara Download Keyboard HP Selly di Android


Itulah pengertian, cara membuat, dan contoh invoice tagihan. Dari penjelasan tersebut, mudah, bukan, membuat invoice tagihan lewat aplikasi Selly untuk dikirimkan ke pelanggan? Tidak perlu berganti aplikasi, kamu bisa buat langsung membuatnya di laman chat dengan pelanggan. Pasang keyboard Selly sekarang juga pada smartphone kamu agar lebih mudah membuat invoice maupun membalas pesan pelanggan!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!