Cara Jualan di WhatsApp yang Datangkan Banyak Cuan!

3 Mins Read

Siapa bilang jualan online cuma bisa lewat marketplace atau e-commerce? Ternyata jualan di media sosial seperti WhatsApp pun bisa.

Sekarang ini, WhatsApp punya beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan online. Salah satu fitur unggulannya adalah WhatsApp Business. Lewat fitur tersebut, kamu bisa bikin akun khusus untuk berjualan. Selain itu, masih ada banyak fitur dan layanan lain yang bisa kamu gunakan. Yuk, sekarang simak cara jualan WhatsApp berikut ini!

Cara Jualan di WhatsApp yang Datangkan Banyak Cuan

1. Buat Akun WhatsApp Business

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuat akun WhatsApp Business. Akan lebih baik lagi kalau nomor yang kamu pakai adalah nomor khusus untuk jualan alias terpisah dari nomor pribadi. Berbeda dengan akun pribadi, akun WhatsApp Business memang dikhususkan untuk keperluan bisnis. Jadi, kamu bisa lebih leluasa mengelola online shop hanya dalam satu aplikasi saja.

2. Berikan Katalog yang Rapi

Selain akun Business, WhatsApp juga menyediakan fitur WhatsApp Catalogue. Lewat fitur tersebut, kamu bisa membuat katalog produk yang rapi tanpa proses editing rumit. Jangan lupa untuk melengkapi katalog dengan foto dan informasi yang lengkap untuk memudahkan calon buyer, ya!

Fitur katalog ini bisa kamu akses dengan klik tiga titik di bagian atas aplikasi WhatsApp. Setelah itu, masuklah ke Settings dan pilih Katalog.

3. Perluas Jaringan

Akun WhatsApp saja nggak cukup untuk mendapatkan pelanggan baru. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk cara jualan di WhatsApp adalah dengan memperluas jaringan. Coba deh perbanyak simpan kontak pada akun WhatsApp Business milikmu.

Simpan nomor pembeli yang sudah pernah melakukan pembelian. Nggak ada salahnya juga untuk menyimpan nomor calon pembeli yang menunjukkan ketertarikan. Kamu juga bisa menyimpan nomor orang-orang terdekat yang potensial untuk dijadikan pelanggan. 

Kontak yang sudah ada juga harus dikelola dengan baik. Misalnya, kamu bisa mengirim broadcast untuk menawarkan promo.

Baca juga: 5 Cara Buat Invoice Tagihan Biar Pelanggan Langsung Bayar

4. Buat Konten Lewat Story WA

Fitur story yang ada di WhatsApp bisa dijadikan media promosi yang efisien. Coba, deh, buat konten menarik berupa foto dan video yang menampilkan barang jualanmu. Jangan lupa cantumkan tagline agar orang-orang semakin tertarik.

Ada baiknya story WA nggak cuma berisi konten jualan melulu. Kamu juga bisa menambahkan konten informatif yang masih ada hubungannya dengan produk. Misalnya, kamu berjualan dessert box, maka bisa dikaitkan dengan konten tentang manfaat konsumsi cokelat.

5. Cantumkan Call-to-Action

Agar calon pembeli makin “tergerak” untuk melakukan transaksi, jangan lupa cantumkan CTA atau call-to-action. CTA sendiri merupakan kata ajakan kepada audiens agar mereka melakukan tindakan yang diinginkan. CTA harus singkat dan mudah dimengerti oleh audiens. 

Contoh yang paling banyak digunakan adalah “Beli Sekarang!” atau “Promo Terbatas, Jangan Sampai Ketinggalan!”.

6. Tanggap dan Cepat Merespons Pelanggan

Cara jualan di WhatsApp selanjutnya berhubungan dengan cara merespons pelanggan. Peluang terjadinya transaksi cenderung lebih besar kalau kamu tanggap dan cepat merespons pelanggan.

Sekarang, kamu nggak perlu repot membalas pesan pelanggan satu per satu. Cukup dengan keyboard otomatis dari Selly, kamu nggak harus mengetik balasan untuk pelanggan secara manual. Dengan fitur Auto Text Selly, kamu bisa buat dan simpan template pesan untuk merespons pelanggan. Anti ribet dan #JariBebasKeriting!

Baca juga: COD Artinya Cash on Delivery, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

7. Cantumkan Link Nomor WA pada Bio Media Sosial

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan link nomor WA pada bio media sosial olshop kamu. Tujuannya nggak lain agar calon pembeli bisa langsung melakukan pemesanan lewat chat WA. Mereka cukup klik link dan bisa langsung mulai melakukan pemesanan.

Untuk buat link WA pun mudah. Kamu tinggal mengetikkan https://wa.me/nomor HP. Bagian nomor HP diganti dengan nomor kontakmu. Link tersebut juga bisa dibuat lebih singkat dengan bit.ly atau Linktree agar bio media sosialmu nggak kelihatan terlalu “penuh”.


Nah, itu dia cara jualan di WhatsApp yang bakal datangkan cuan buat kamu. Agar jualan makin laris, lengkapi WhatsApp dengan aplikasi Selly. Melalui fitur Auto Text, kamu bisa respons pesan WhatsApp dari pelanggan dengan cepat. 

Selain itu, Selly juga menyediakan fitur Cek Ongkir untuk membantu kamu mengecek ongkos kirim sebelum pembayaran tanpa perlu pindah aplikasi. Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera download Selly, gratis di Google Play Store!

Rekomendasi Artikel

Lihat Lainnya
3 Mins Read
7 Ide Jualan Murah Untungnya Banyak, Yuk Coba!
Dapat keuntungan dari jualan makanan itu ada triknya, lho. Kamu perlu cari ide jualan yang murah, tapi untungnya besar. Harga murah pasti bakal jadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Nggak perlu bingung mencari ide bisnis dari rumah bercuan besar, simak tujuh ide jualan makanan murah untung banyak berikut ini! Baca juga: Nggak Sulit, Begini […]
30 September 2022
4 Mins Read
5 Resep Jajanan Unik untuk Jualan yang Lagi Ngetren
Zaman sekarang kalau mau jualan makanan, kamu harus tahu tren jajanan unik. Makanan memang salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Tapi, hanya karena peluangnya besar, bukan berarti kamu bisa menjual produk makanan asal-asalan. Sebab, persaingan di dunia makanan ketat banget, lho. Agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia kuliner, kamu […]
28 September 2022
5 Mins Read
7 Tips Bisnis Aksesoris Gadget, Modal Minimal Untung Maksimal!
Ingin memulai bisnis dari rumah tapi modal minim, hmm enaknya bisnis apa ya? Bisnis aksesoris bisa jadi salah satu jawabannya! Dengan begitu banyaknya jenis dan merek gadget yang dirilis beberapa kali dalam setahun, jualan aksesoris gadget bisa menciptakan peluang cuan yang cukup besar, baik jualan secara offline maupun online. Selain banyak variasi produknya, supplier-nya juga […]
27 September 2022

Tanpa perlu simpan kontak, kamu bisa 

berhubungan langsung dengan pelanggan

Pelanggan suka tanya ongkir berapa? 

Bisa cek langsung di aplikasi aja!